Rabu, April 17, 2013

Obyek Wisata di Daerah Belide


                Kegemaran akan obyek wisata telah membuat orang berani merogoh kocek bahkan untuk bepergian jauh sekalipun. Kali ini akan diinformasikan obyek wisata khusus wilayah Belide, Sumatera Selatan yang mungkin sebagian orang khususnya marga Belide sendiri  belum mengetahuinya.

1. Sialingan
                Sialingan adalah sebuah desa di Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim. Desa ini teretak kurang lebih 20 kilometer di sebelah Timur Prabumulih. Bisa Lewat desa Karang jaya bisa juga lewat desa Talang Balai dari Bakaran, Prabumulih. Adapun tembusan jalan ini juga bisa tembus ke Tanjung Bulan, Kecamatan Muara Kuang, Ogan Ilir. Oleh karena itu desa ini juga bisa disebut desa Lintas alternatif antara wiayah Prabumulih dan Ogan Ilir.
                Dengan sedikit keterasingan desa ini, setelah dikaji –kaji, ternyata mempunyai obyek-obyek bersejarah yang bisa dijadikan tempat Obyek Wisata. Utamanya daerah ini dahulunya dikuasi oleh Pihak Belanda yang mengusai pertambangan minyak dahulunya disebut BPM (Batapso Patrilio Masakapai) yang sekarang disebut dengan Pertamina (Pertambangan Minyak Nasional). Masih ada bebeapa sisa-sisa bangunan dan mesin-mesin perusahaan bekas peninggaan belanda. Hal ini bisa juga diteliti oleh sejarawan untuk mengetahui persebaran wilayah perusahaan yang dikuasi oleh Belanda. Oleh karena itu tempat ini sebenrnya perlu dilestarikan, namun masih kurang diperhatikan utamanya oleh warga setempat.
                Adapun hal-hal lain yang bisa dilihat adalah  mesin-mesin perusahaan pertamina yang sekarang masih aktif, seperti pamping, BW (kalau warga setempat menyebutnya Leran), dan mesin-mesin besar lainnya. Hal ini bisa dijadikan tempat wisata karena di dareah lain juga belum tentu terdapat hal-hal seperti ini utamanya bagi yang ingin menambah wawasan.


Bekas Mesin Pamping


Bangunan sisa Peninggalan Belanda


 

1 komentar:

  1. Artikel yang menarik bro, salam blogger

    http://dwiphoto.blogspot.com/2011/04/desa-putak-kecamatan-gelumbang.html

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Search Box