Minggu, Februari 05, 2012

Benda-benda Peninggalan Nenek Moyang Belide


1. Kulit padi yang besar.
   
    Kulit padi merupakan salah satu peninggalan suku Belide. Karena dalam sejarah Belide, dahulunya padi itu sangat besar. Konon, besarnya sebesar buah kelapa. Saksi mata menjelaskan bahwa kulit padi itu masih ada, di salah seorang warga desa Lubuk Semantung Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim, namun seiring berjalnnnya waktu, pembicaraan tentang  buah padi yang besar, semakin tidak dihiraukan lagi. (Wawancara dengan Ila/ Warga Desa Lubuk Semantung tahun 2012)

2. Baju Rambut

    Baju Rambut adalah baju yang terbuat dari rambut yang dianyam dan disusun menjadi pakaian. Kegunaannya sebagai pakaian perang. Konon, baju ini menjadi penyebab terhindarnya kesialan di waktu perang. Menurut petua di Sialingan, baju itu masih ada di Celaok, warga desa Tanjung Bunut. Dan telah menjadi salah satu benda peninggal suku Belide. (Wawancara dengan Sobri/ ketua adat Sialingan tahun 2102)

3. Tajau

    Tajau adalah guci besar sebagai tempat penyimpanan makanan yang diawetkan. Adapun jenis makanan yang diawetkan misalnya, Pde, pekasam, dan lain-lain. Benda ini kabarnya masih ada di salah satu warga desa Tanjung Bunut Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim.

4. Mariam Mini

    Mariam mini adalah benda yang berbentuk mariam perang, namun bentuknya mini. Benda ini gunanya untuk keperluan perang, hanya saja kekuatannya tidak besar. Diperkirakan Lebar benda ini hanya setengah sampai 1 meter. Benda ini belum belum tahu berada di mana sekarang. Oleh kerena itu data mengenai benda ini masih sangat kurang dan perlu tindak lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Search Box