Sabtu, Desember 28, 2013

Orang Belide Berebut Buah Duku



                Seperti biasa setiap akhir tahun beberapa desa di wilayah Belide mengadakan pesta panen buah duku, dengan cara ada yang naik batangnya dan ada yang berebut di bawahnya. Di desa Sialingan, Kecamatan Belida Darat misalnya pesta berebut buah  duku diadakan pada Desember 2013 yang diadakan di pinggir desa sebelah Utara desa Sialingan.
                Batang duku ini merupakan warisan dari nenek moyang masayarakat setempat, jadi hampir semua masyarakat mempunyai hak untuk mengambil buah duku tersebut, oleh karena itu, semua orang sepakat untuk mengadakan pesta panen berebut buah duku.
                Pesta panen ini sangat meriah sekali, dihadiri oleh semua lapisan umur, mulai dari anak-anak sampai nenek-nenek.  Tampak dari wajah orang-orang yang turut berebut buah duku akan keantusisan untuk mendapatkan buah duku, tak hanya untuk makan-makan di tempat itu, tetapi juga untuk membawa pulang untuk diberikan kepada keluarga. Dengan demikian  orang-orang pada gembira mengikuti pesta panen ini.
                Perayaan ini merupakan perayaan tahunan, sebagai mana musim buah-buahan. Jadi tak bisa sembarang waktu bisa diadakan, namun harus di sesuaikan dengan musim buah-buahan. Oleh karena itu, jika ingin ikut pesta panen berebut buah duku, harus pada bulan-bulan tertentu, yakni di saat musim buah-buahan.





0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Search Box